Selasa, 29 Oktober 2013

Siaga Sumpah Pemuda ke-85

28 Oktober 2013. Seperti tahun sebelumnya salah satu unit kegiatan mahasiswa yakni SAR rutin melaksanakan kegiatan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya segala hal yang tidak diinginkan pada kegiatan pendakian. Kegiatan antisipasi ini dilakukan dalam bentuk siaga. Pada kesempatan kali ini SAR Unhas menurunkan dua SRU( tim) untuk kegiatan Siaga Sumpah Pemuda tahun ini. Kegiatan siaga kali ini di pusatkan pada dua lokasi yakni Puncak Gn. Bawakaraeng dan Lembah Ramma. Adapun personil yang diturunkan sebanyak tiga orang untuk SRU Puncak dan dua Orang ke Ramma.
Pada tanggal 26 Oktober 2013 Tim tiba di Lembanna (Rumah Tata Munding). Perjalanan menuju puncak dilakukan pada malam hari dan ditargetkan camp di pos 5 sebelum menuju puncak. Sedangkan untuk SRU Ramma di targetkan langsung camp di Ramma.
SRU puncak kemudian melanjutkan perjalanan ke puncak pada hari minggu 27 Oktober 2013. Sekitar pukul 12.00 SRU tiba di Pos 8 untuk beristirahat dan makan siang. Awalnya kami merencanakan perjalanan pada pukul 14.00 namun kondisi cuaca berkata lain. Prediksi Tata Munding bahwa sore nanti akan turun hujan di Puncak dan perdiksi itu betul terjadi. Kami pun harus menunggu beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan.
Dari hasil pendataan yang kami lakukan di puncak terdapat kurang lebih 193 orang. Angkah ini jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan hasil pendataan di Ramma yang mencatat kurang lebih 700 orang turut meramaikan tempat tersebut. Namun, walaupun jumlahnya lebih sedikit upacara sumpah pemuda tetap dilaksanakan.
Selain SAR Unhas ada beberapa potensi sar yang kami temukan diantaranya Tim dari NERS Unhas, SAR Pramuka danTBM Calcaneus (am2306.red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar