Minggu, 17 April 2011

SAR Unhas bergabung dalam Latihan SAR Laut terpadu Lantamal VI

25-27 Januari 2011
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI menggelar Latihan Search And Rescue (SAR) Laut Terpadu yang dibuka oleh Wakil Komandan lantamal VI Kolonel Laut (P) Dwi Tjahyo Hadi, bertempat di dermaga layang Mako Lantamal VI. Selasa (25/1), yang ditandai dengan penyematan tanda peserta.


Latihan SAR Laut Terpadu ini merupakan suatu hal yang sangat penting di laksanakan sebagai usaha untuk meningkatkan pembinaan latihan SAR dan memantapkan kemampuan Lantamal VI dan potensi SAR yang berada di Makassar baik kaulitatif maupun kuantitatif secara konsisten dan berkesinambungan dalam mengatasi kemungkinan terjadinya bencana.Latihan SAR ini di ikuti oleh 120 orang dari berbagai satuan kelompok SAR di Makassar diantaranya : SAR Lantamal VI, SAR TNI AD, SAR Paskhas TNI AU, Basarnas, SAR Unhas, SAR UNM, SAR 45, Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD), Taruna Tanggap Bencana(Tagana), KKP, Polisi Perairan serta SAR Mariteam

Komadan Lantamal VI Brigjen TNI Marinir Chaidier Patonnori dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal VI mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan personil Lantamal VI khususnya dan potensi SAR pada umunya secara professional dan proposional serta tanggap dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan dilaut.Kolonel Laut (P) Rahmat Eko R. selaku ketua tim pengendali latihan SAR laut terpadu dalam keterangannya pelatihan SAR akan melibatkan unsur- unsur SAR Lantamal VI seperti tim SAR Lantamal VI, Kal Samalona, Patkamla Saugi, Diskes dan tim penyelam Lantamal VI selain itu juga latihan didukung dengan satu buah helicopter dari Lanud Hasanudin.

Lebih lanjut beliau yang keseharian menjabat sebagai Asopsdanlantamal VI Ini menyampaikan Selama tiga hari peserta akan di bimbing oleh intruktur bepengalaman dari Lantamal VI, Basarnas dan Satuan Pemadam kebakaran Pemkot Makassar. Para instruktur akan memberi materi kelas dan lapangan. materi kelas meliputi tahapan operasi SAR, pengenalan dan pengisian worksheet, evakuasi medis laut, pengenalan penyelaman. untuk materi lapangan akan dilaksanakan simulasi kapal terbakar, simulasi akan menggunakan helicopter dan Kal Samalona serta Patkamla Saugi.

Latihan itu juga Latihan itu juga untuk mengetahui dan mengukur tingkat kemampuan serta kesiapsiagaan unsur-unsur laut dalam melaksanakan tugas SAR laut yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam operasi SAR, baik tugas perorangan, satuan, maupun gabungan.untuk mengetahui dan mengukur tingkat kemampuan serta kesiapsiagaan unsur-unsur laut dalam melaksanakan tugas SAR laut yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam operasi SAR, baik tugas perorangan, satuan, maupun gabungan. Hadir dalam upacara pembukaan itu antara lain para Asisten Danlantamal VI, kasatker, Basarnas, dan kepala instansi terkait.

2 komentar:

  1. . wahh ... saluuttt z dgn semangat kerja tim SAR .. cayoooo .. tingkat kan kebersamaan nya dlam melakukankebajikan ..
    . hhe :D
    . by indrawaty .. anggota base rescue .. :)

    BalasHapus
  2. Terimah kasih ya karena telah berpartisipasi dalam kegiatan BASE RESCUE...

    semoga kedepannya Indra bisa bergabung di SAR Unhas mengemban misi-misi kemanusiaan. kami tunggu ya!

    AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM!

    BalasHapus